CURIGA yang #mncrgknskl: Malaikat, IBLIS, dan ADAM

Sejarah kehambaan adalah kisah kegagalan dan keberhasilan dalam mengelola kecurigaan; pada Allah, pada diri, dan pada sesama. Ketika Allah hendak mencipta Adam, para malaikat sebenarnya sudah curiga;

“Apakah Engkau hendak jadikan di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah?” (QS Al Baqarah: 30)

Tapi kecurigaan mereka dikalahkan oleh iman kepada Allah yang sebagaimana dicatat dalam ayat yang sama telah berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.”

Yang tergagal mengelola kecurigaannya adalah Iblis, sang jin yang naik ke alam Malakut setelah ibadahnya yang tekun, 40.000 tahun bersujud di hadapan Allah sebelum diciptanya Adam. Makhluq baru ini dicurigainya telah merebut kedudukan istimewanya di sisi Allah. Allah dicurigainya telah pilih kasih dan aniaya padanya.

Bandingkan dengan Adam. Jelas bahwa dia dan istrinya memakan buah dari pohon terlarang itu karena bisik bujuk rayu dari sang Iblis yang telah menjadi syaithan. Tetapi dalam pengakuannya, pasangan ini tidaklah mencurigai selain diri mereka sendiri.

“Duhai Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri. Andainya Kau tak mengampuni dan mengasihi kami, niscaya kami termasuk mereka yang rugi.” (QS Al A’raaf: 23)

Ah, apa sebenarnya yang digodakan syaithan kepada Adam dan Hawa hingga mereka tertipu?

“Tidaklah Rabb kalian melarang kalian dari pohon ini, kecuali agar kalian jangan menjadi dua yang punya kuasa, atau kalian termasuk yang abadi.” (QS Al A’raaf: 20)

“Berkuasa dan abadi alias menjadi langgeng adalah dua hal yang paling menggoda bagi manusia”, tulis Dr. Abdul Karim Zaidan dalam kitab beliau, Al Mustafaad min Qashashil Quran. Nah, apatah lagi godaan untuk “berkuasa secara langgeng”, pasti amat memabukkan. Maka kaos yang saya dan @zaky_zr kenakan mengajak untuk memupus pelanggengan kekuasaan. Ada yang tahu apa artinya #بدل الرءيس? Iya, 2019 insyaallah.😆
_________
Jazakumullahu khayran Ustadz Kembar Tiga @hannan_jm @mannanjm2 @dai_ihsan yang berkenan menyambangi stan @proumedia. Kaos dengan kode #badl yang saya dan @zaky_zr pakai bisa dipesan di @mncrgkn.skl (WA: 08587215050)😷