PERANG GIYANTI: Seri Sejarah Turki-Indonesia (Part 4)

Puzzle berikutnya dari hubungan antara Mataram dengan Utsmani adalah Perang Giyanti yang berkobar antara 1746 sampai 1755. Ketika itu, Pangeran Mangkubumi, adik dari Sri Susuhunan Pakubuwana II Raja Mataram, mengobarkan perang melawan VOC dan kemudian di dalam perangnya beliau, masyaAllah, menggerakkan seluruh Jawa sampai akhirnya pada tahun 1755 ketika Gubernur Jenderal Van Imhoff telah tewas karena terkepung di Benteng Ungaran.

Ketika kemudian beberapa perwira Belanda tewas di peperangan dan Belanda mengalami kekurangan dana karena habis di medan perang ini, maka dibujuklah seorang Arab bernama Syarif Besar Syaikh Ibrahim untuk membujuk Pangeran Mangkubumi menghentikan perang.

Bagaimana dia mau menghentikan perang? Dengan cara dibujuk untuk menjadi Sultan dengan gelar resmi dari Turki Utsmani yang tentu saja ini adalah utusan palsu. Yang membuat beliau mau menerima proposal perdamaian ini dan akhirnya menjadi Sultan pertama Yogyakarta.

 

PERANG GIYANTISeri Sejarah Turki-Indonesia (Part 4)Pro-You Channel.Puzzle berikutnya dari hubungan antara Mataram dengan Utsmani adalah Perang Giyanti yang berkobar antara 1746 sampai 1755. Ketika itu, Pangeran Mangkubumi, adik dari Sri Susuhunan Pakubuwana II Raja Mataram, mengobarkan perang melawan VOC dan kemudian di dalam perangnya beliau, masyaAllah, menggerakkan seluruh Jawa sampai akhirnya pada tahun 1755 ketika Gubernur Jenderal Van Imhoff telah tewas karena terkepung di Benteng Ungaran..Ketika kemudian beberapa perwira Belanda tewas di peperangan dan Belanda mengalami kekurangan dana karena habis di medan perang ini, maka dibujuklah seorang Arab bernama Syarif Besar Syaikh Ibrahim untuk membujuk Pangeran Mangkubumi menghentikan perang..Bagaimana dia mau menghentikan perang? Dengan cara dibujuk untuk menjadi Sultan dengan gelar resmi dari Turki Utsmani yang tentu saja ini adalah utusan palsu. Yang membuat beliau mau menerima proposal perdamaian ini dan akhirnya menjadi Sultan pertama Yogyakarta….Subscribe dan simak kajian-kajian Pro-U Media lainnya di YouTube/proyouchannel..👳 Salim A. Fillah🎬 Faris Purnawarman👕 Fullheart🗨 Mncrgknskl.#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster #safketurki #turki #utsmani #indonesia #nusantara #sejarah #mataram #sultan #islam

Dikirim oleh Salim A. Fillah pada Sabtu, 09 Februari 2019


Subscribe dan simak kajian-kajian Pro-U Media lainnya di YouTube/proyouchannel.

👳 Salim A. Fillah
🎬 Faris Purnawarman
👕 Fullheart
🗨 Mncrgknskl

#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster #safketurki#turki #utsmani #indonesia #nusantara #sejarah #mataram #sultan #islam