NGARSA DALEM

Pada 2 Maret, Keraton disambangi satu kendaraan tempur Bren Gun Carrier dan satu truk pasukan pimpinan Overstee (Letkol) Scheers, komandan Resimen Infantri 1-15. Alibinya, Scheers meminta masuk keraton karena pasukannya ditembaki dari arah dalam Keraton.

Masih di hari yang sama, Sri Sultan juga didatangi Kolonel Dirk Reinhard Adalbert van Langen, komandan Tijger Brigade (T-Brigade), menginformasikan bahwa 3 Maret, Panglima Divisi-B Mayjen Meijer beserta Van Langen berkunjung.

Pada 3 Maret 1949 pukul 08.30 pagi Keraton sudah dikepung sejumlah Bren Gun Carrier dan serdadu Belanda, ditambah lima pesawat tempur Belanda yang terbang berputar-putar di atas Keraton.

Pada pukul 12 siang, datang rombongan Mayjen Meijer yang dalam pertemuannya dengan Sri Sultan HB IX, menyatakan Sultan Yogya berhubungan intensif dengan tentara republik dan berperan dalam SO 1 Maret.

Berikut petikan percakapan yang cenderung seperti adu gertak antara Jenderal Meijer dengan Sri Sultan HB IX:

Jenderal Meijer: Apa Sri Sultan mau menghentikan sikap non-kooperatif terhadap Belanda?

Sultan HB IX: Saya tidak bersedia menjawab pertanyaan tuan tadi.

Meijer: Mengapa Sri Sultan tidak mau keluar Keraton dan bergerak dengan leluasa? Ini sangat mencurigakan kami.

Sultan: Jenderal mengatakan saya boleh keluar Keraton, sedangkan selama ini Kolonel Van Langen melarang saya bergerak leluasa. Mana yang benar? Ini berarti bahwa antara pimpinan tentara Belanda tidak ada kerja sama. Lagi pula, kejadian di kantor kepatihan beberapa hari lalu, sangat menyinggung kehormatan saya. Anak buah Anda bersikap sangat tidak sopan dan mengadakan perampokan.

Meijer: Soal kepatihan, itu bukan instruksi saya.

Sultan: Apalagi jika tanpa instruksi. Berarti anak buah Anda berbuat di luar perintah dan indisipliner. Dan sekarang ini pun hal yang sama dapat tuan lakukan di Keraton saya, karena tuan bersenjata dan saya tidak. Tapi sebelum tuan melakukan itu, tuan harus membunuh saya dulu!

_______
Untuk penggagas SO 1 Maret 1949, Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Sultan Hamengkubuwana Senapati Ingalaga Sayidin Panatagama Khalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping Sanga, Alfatihah…