PASANGAN

Jika kita punya anak jejaka; tampan, jujur, tepercaya, cerdas, pandai bergaul, berperangai mulia, dan masyhur kedermawanannya; terpikirkankah untuk menjodohkannya dengan wanita yang telah dua kali menjanda?

Nyaris tak terbayangkan.

Kita sepakat; Allah-lah yang paling sayang pada Muhammad ﷺ. Maka mengapa Khadijah yang Dia pilihkan untuk mendampingi pemuda ini?

Karena Allah Maha Tahu, mari lihat ke masa depan. Bayangkan ketika wahyu turun, dan Sang Nabi ﷺ jatuh bangun, tersaruk-saruk menyusur turun, berkeringat, pucat, gemetar, dan berkata, “Selimuti aku.. Selimuti aku..!”, di depan pintu; wanita seperti apa yang sanggup menanggapi dengan tepat dan jitu keadaan itu?

Hanya Khadijah.

Bayangkan ketika gelisah menyergap, kian gelap hari-hari yang dijalani sebakda 40 tahun reputasinya tanpa cela lalu kini dia dituduh dusta, dikatai gila, penyair, penyihir, dan dukun; sedang wahyu tak turun sekian lama; siapakan yang mampu menguatkannya dan berkata, “Allah takkan meninggalkanmu.. Karena kau selalu menyambung silaturrahim, menyantuni yatim, menolong yang miskin!”?

Hanya Khadijah.

Dan hanya Khadijah yang teliti menguji kemalaikatan Jibril, yang gagah merengkuh kedua putrinya kala dikirim pulang oleh keluarga Abu Lahab, yang menopang kaumnya ketika pemboikotan mencekik, yang membenarkan ketika semua mendustakan, yang menyerahkan seluruh hartanya ketika semua orang menahan.

Maka hakikat keberpasangan adalah saling mengisi, saling melengkapi, menjaga dari marabahaya, saling menutup aib, saling menjadi penghias keindahan. Benarlah Allah ketika berfirman;

“Mereka adalah pakaian bagi kalian dan kalian adalah pakaian bagi mereka.” (QS Al Baqarah: 187)
_____________
Foto wanita bersenyum “seiris surga tersiram madu” ini diambil dari skrinsyut wallpaper HP suaminya.😄
.
Dia bukan Khadijah, tapi @salimafillah jadi saksi peneladanannya yang Indah.
.
Selaksa cinta dan terimakasih tuk penopang ketaatanku yang selalu tampak 17 tahun walau 20 tahun telah dilampauinya; yang bahkan di hari kelahirannya ini menshadaqahkan waktu kebersamaan dan mengizinkan suaminya berbakti tuk ummat. Baarakallahu fii ‘umrik @indahnursalim. Luv u, lillah, fillah.😘