Pertautan

إن الطيور على أشكالها تقع
فكل يرغب في مثله

Sesungguhnya burung-burung itu akan bertengger bersama yang serupa parasnya. Maka setiap orang akan cinta pada yang semisal dengan sifatnya.

Ada seorang shahabiyah penduduk Makkah yang jenaka dan selalu membuat orang tertawa turut berhijrah, demikian disebutkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya. Begitu tiba di Madinah, dia tinggal dan menjadi akrab dengan perempuan Anshar yang sifatnya sama seperti dirinya, yakni lucu dan membawa suasana gembira. Nabi ﷺ pun tersenyum melihat mereka dan bersabda,

الأرواح جنود مجندة ما تعارف منها ائتلف وما تناكر منها اختلف

Ruh-ruh itu seperti pasukan yang dihimpun dalam kesatuan-kesatuan. Yang saling mengenal di antara mereka akan mudah saling tertaut. Yang saling merasa asing di antara mereka akan mudah saling berselisih. (HR Muslim, No 6376)

Dalam syarahnya, Imam An Nawawi menuliskan, “Ruh-ruh itu saling mengenal karena suatu perkara yang Allah mencipta mereka di atasnya.. Bersebab isi dunia ini hanyalah keimanan atau keingkaran; mereka yang taat pada Allah akan mudah dipertautkan dengan sesama hamba yang taat, dan dipisahkan dengan yang durhaka.”

Beliau juga mengutip Sayyidina Abdullah ibn Mas’ud yang berkata, “Ruh itu seperti halnya tentara yang dipersiapkan. Mereka akan bertemu dengan yang sepadan.”

Ya Allah..

Sesungguhnya Engkau Tahu bahwa hati ini telah berpadu, berhimpun dalam naungan cintaMu, bertemu dalam ketaatan, bersatu dalam perjuangan, menegakkan syariat dalam kehidupan..

Kuatkanlah ikatannya, kekalkanlah cintanya, tunjukilah jalan-jalannya.. Penuhilah dengan cahyaMu yang tiada pernah padam. Ya Rabbi, bimbinglah kami..

Lapangkanlah dada kami, dengan karunia iman, dan indahnya tawakkal padaMu. Hidupkan dengan ma’rifatMu. Matikan dalam syahid di jalanMu.. Engkaulah Pelindung dan Pembela.