Menampilkan

{Seandainya syari’at mengizinkan, betapa ingin aku berwudhu’ dengan airmatamu.}
-Azzam, ‘Para Pencari Tuhan’-

Bagaimana nilai-nilai Islam yang kukuh dan agung, diterjemah untuk ditampilkan di dalam dunia hiburan yang asyik dan mendidik? Di antara nama-nama jamhur dalam jagad sinema Nusantara, Wagub Jawa Barat, Deddy Mizwar punya hak jawab yang kuat.

Ramuan-ramuan dalam karyanya, dari Lorong Waktu, Kiamat Sudah Dekat, hingga Para Pencari Tuhan; seperti istilah yang dipilihnya sendiri adalah “sihir” yang menyimsalabimkan pemahaman. Bagaimana romantisme dalam Islam ditampilkan ketika syari’at mengikat cinta, misalnya, kita temukan dalam kutipan pembuka yang disampaikan ‘Azzam kepada Aya. Lihat juga bagaimana nilai-nilai Diin disindirkan pada kenyataan negara yang jungkir balik dalam ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini’ dan ‘Ketika’.

“Di antara bayan, susunan kata-kata”, demikian sabda Nabi ﷺ, “Memang terdapat sihir.”

Tanpa kita sadari, dunia kita hari ini terwarnai sihir cerita dan sinema yang diperjuangkan sejak beberapa dasawarsa lalu itu. Tiga empat puluh tahun lalu, cowok keren itu ya semacam Lupus yang rebel, cuek, dan badung atau Si Boy yang ganteng, kaya, anak basket seperti Uda Akmal Sjafril yang #kalnakalnakal, playboy, clubbing, tapi tetap shalat.

Di zaman kita hari ini, keduanya akan bertekuk lutut di hadapan pesona mahasiswa cerdas sekaligus aktivis yang hafizh dan imam Masjid. Para gadis, juga ayah ibu mereka telah mengalami “hijrah syu’uriyah”.

Soal hijrahnya selera masyarakat ini, kita berhutang pada tokoh semacam Fahri ‘Ayat-ayat Cinta’, ‘Azzam ‘Ketika Cinta Bertasbih’, hingga Mas Gagah-nya Helvy Tiana Rosa.

Ah, obrolan dengan Sunan Kalijaga sekaligus Jenderal Nagabonar ketika Rihlah Ukhuwah Penulis Pro-U Media bersilatil arham kemarin menyisakan PR Dakwah Media yang harus diseriusi. Tantangan luar dan dalamnya, memang luar biasa.

Tapi kami optimis insyaallah. Lihat saja di samping kiri dan kanan saya, ada 2 bintang bersinar, Zaky Ahmad Rivai dan M. Hafidz Akbar Deviantara, Lc; mereka siap turut mencahayai dunia yang #mncrgknskl ini.