KUNCI-KUNCI ISTIQAMAH

Saya bersama gurunda, Ustadz Salim A. Fillah. Saya pengin di akhirat tuh ditanya dengan satu hadits Qudsi..

أيَنْ َمتُحَاَبـــُـوْن َبـِـــرُوْحِ الله.

Ustadz, terima kasih, saya dikasih قَدَرُ اللهِ bertemu Ustadz. Bagimana, Ustadz, saya mohon tips and tricks buat istiqamah anak-anak Bandung khususnya dalam hijrahnya, Ustadz.

Terima kasih, Ustadz Evie Effendi ini.. bahagia sekali akhirnya bertemu dengan beliau, dan istiqamah ini, teman-teman yang disayang Allah, ada satu kata-kata Imam Asy-Syafi’i yang sangat indah..

منَ ْشهَدِ َفِي نفَسْهِ ِالضَعْفَ ناَل َالْإِسْتِقاَمةَ فاَشهْدَ ْفيِ نفَسْكِ َالضعَفْ َواَلفْقَـْــراَء ْتسَتْقَمِ.

“Selalulah temukan dalam dirimu ada kekurangan dan ada kebelumsempurnaan, ada kelemahan. Itu yang akan mengantarmu pada istiqamah.” Jangan pernah kita merasa cukup, jangan pernah kita merasa baik, jangan pernah kita merasa shalih, jangan pernah merasa kita taqwa. Merasalah kurang pada segala hal itu, maka Allah akan menuntun kita untuk menggenapkan semua hal yang kita mohonkan itu sampai kelak kita menghadap kepada Allah dalam keadaan diri kita yang paling baik. Jadi, jangan pernah merasa sudah tetapi kita terus dalam perjalanan untuk mencapai kesmpurnaan di sisi Allah.

Yang kedua, dawamkan amal-amal kecil dan sederhana. إِنْ شَاءَ اللَّهُ ini juga yang akan mengantar kita pada istiqamah. Amal tuh bukan besarnya yang dinilai Allah. Tetapi أَحْسَنُ عَمَلًا, yang terbaik yang bisa kita kerjakan.

Kalau kita bisa mengerjakan satu hal kecil dengan cara yang terbaik, itu jauh lebih baik daripada mengerjakan hal besar. Tapi bukan yang terbaik yang bisa kita persembahkan.

فاَستْقَمِ ْكمَاَ أمُرِتْ.

“Istiqamahlah terhadap apa yang diperintahkan.” Semoga Allah memberkahi kita.


_____
Subscribe dan simak kajian-kajian @proumedia lainnya di YouTube/proyouchannel. Tag sahabat terbaikmu!


🎬 @evieeffendie & @salimafillah
📹 @mfarisap
👕 @fullheart.corp
🗨 @mncrgkn.skl


#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster#mncrgknskl