KESULTANAN MATARAM ISLAM: Seri Sejarah Turki-Indonesia (Part 2)

Di antara hal yang menjadi penanda menarik Kesultanan Mataram Islam adalah nama penguasa pertamanya yang disebut sebagai “Panembahan Senopati.”

Beberapa ahli sejarah kemudian berspekulasi bahwa “Panembahan Senopati” kemungkinan adalah terjemah. Dari apa? Gelar yang kemudian sering dipakai juga oleh sultan-sultan Turki Utsmani, yaitu Sultan Ghazi, sultan yang panglima perang. Dia adalah “panembahan” dan “senopati” dan Kesultanan Mataram ini memiliki orientasi ke-Utsmanian yang sangat kuat. Salah satunya juga dibuktikan dengan karya sastra-karya sastra yang ada pada masanya yang memiliki “Ottoman-oriented perspective.” Dia memiliki perspektif yang menjadikan Ottoman sebagai pusat peradaban dunia.

Berbeda dengan sastrawan masa sebelumnya, Majapahit dan sebelumnya, yang kemudian menjadikan India sebagai pusat. Para sastrawan Mataram menjadikan “Rum” atau Turki Utsmani sebagai pusat peradaban.

Subscribe dan simak kajian-kajian Pro-U Media lainnya di YouTube/proyouchannel.

👳 Salim A. Fillah
🎬 Faris Purnawarman
👕 Fullheart
🗨 Mncrgknskl

#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster #safketurki#turki #utsmani #indonesia #nusantara #sejarah #mataram #sultan #islam

KESULTANAN MATARAM ISLAMSeri Sejarah Turki-Indonesia (Part 2)Pro-You Channel.Di antara hal yang menjadi penanda menarik Kesultanan Mataram Islam adalah nama penguasa pertamanya yang disebut sebagai “Panembahan Senopati.”.Beberapa ahli sejarah kemudian berspekulasi bahwa “Panembahan Senopati” kemungkinan adalah terjemah. Dari apa? Gelar yang kemudian sering dipakai juga oleh sultan-sultan Turki Utsmani, yaitu Sultan Ghazi, sultan yang panglima perang. Dia adalah “panembahan” dan “senopati” dan Kesultanan Mataram ini memiliki orientasi ke-Utsmanian yang sangat kuat. Salah satunya juga dibuktikan dengan karya sastra-karya sastra yang ada pada masanya yang memiliki “Ottoman-oriented perspective.” Dia memiliki perspektif yang menjadikan Ottoman sebagai pusat peradaban dunia..Berbeda dengan sastrawan masa sebelumnya, Majapahit dan sebelumnya, yang kemudian menjadikan India sebagai pusat. Para sastrawan Mataram menjadikan “Rum” atau Turki Utsmani sebagai pusat peradaban….Subscribe dan simak kajian-kajian Pro-U Media lainnya di YouTube/proyouchannel..👳 Salim A. Fillah🎬 Faris Purnawarman👕 Fullheart🗨 Mncrgknskl.#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster #safketurki #turki #utsmani #indonesia #nusantara #sejarah #mataram #sultan #islam

Dikirim oleh Salim A. Fillah pada Kamis, 31 Januari 2019