AMAL JARIYAH

Segala amal yang bermanfaat bagi sesama manusia, maka kita mendapatkan pahalanya. Maka pengertiannya ada yang umum, ada yang khusus.

Kalau yang umum, maka segala sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan ibadah mahdhah, kita menyampaikannya kepada manusia, menjadi manfaat, pahalanya bagi kita.

Contoh, kita ngajarin gimana caranya mengatasi masuk angin yang benar. Ini tips kesehatan kan? Nah, tips kesehatan ini kalau kita ajarkan kepada orang-orang yang mengamalkannya, manfaat bagi dia, diajarkan lagi terus-menerus, juga ada pahalanya secara umum bagi kita. Ini yang umum. Tetapi yang lebih tinggi dari itu adalah yang sifatnya adalah ibadah.

Kita mengatakan kepada seseorang.. “Mas, katanya lagi ruwet hidupnya?” “Iya e.” “Mbok dicoba mulai besok tahajud,” gitu. Terus dia mengamalkannya, tahajud, gitu ya. Itu pahala kita, insyaAllah. Nah, ini adalah yang khusus.

Kalau yang umum tadi, pahalanya bisa kembali kepada kita bahkan meskipun yang melaksanakannya adalah bukan seorang Muslim dan mukmin. Tapi kalau yang soal ibadah ini, maka dia hanya kembali kepada kita dan lebih mulia dengan pahala yang dilaksanakan oleh orang mukmin dan Muslim.

 

AMAL JARIYAH@prouchannel.Segala amal yang bermanfaat bagi sesama manusia, maka kita mendapatkan pahalanya. Maka pengertiannya ada yang umum, ada yang khusus..Kalau yang umum, maka segala sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan ibadah mahdhah, kita menyampaikannya kepada manusia, menjadi manfaat, pahalanya bagi kita..Contoh, kita ngajarin gimana caranya mengatasi masuk angin yang benar. Ini tips kesehatan kan? Nah, tips kesehatan ini kalau kita ajarkan kepada orang-orang yang mengamalkannya, manfaat bagi dia, diajarkan lagi terus-menerus, juga ada pahalanya secara umum bagi kita. Ini yang umum. Tetapi yang lebih tinggi dari itu adalah yang sifatnya adalah ibadah..Kita mengatakan kepada seseorang.. “Mas, katanya lagi ruwet hidupnya?” “Iya e.” “Mbok dicoba mulai besok tahajud,” gitu. Terus dia mengamalkannya, tahajud, gitu ya. Itu pahala kita, insyaAllah. Nah, ini adalah yang khusus..Kalau yang umum tadi, pahalanya bisa kembali kepada kita bahkan meskipun yang melaksanakannya adalah bukan seorang Muslim dan mukmin. Tapi kalau yang soal ibadah ini, maka dia hanya kembali kepada kita dan lebih mulia dengan pahala yang dilaksanakan oleh orang mukmin dan Muslim….Subscribe dan simak kajian-kajian @proumedia lainnya di YouTube/proyouchannel..🎙@salimafillah🎬 @mfarisap🗨 @mcrgkn.skl.#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster #mncrgknskl #amaljariyah #amal #jariyah #pahala #manfaat #duniaakhirat #mukmin #muslim #mulia

Dikirim oleh Salim A. Fillah pada Senin, 25 Februari 2019


Subscribe dan simak kajian-kajian @proumedia lainnya di YouTube/proyouchannel.

🎙@salimafillah
🎬 @mfarisap
🗨 @mcrgkn.skl

#syiarkan #gagasandancitacita #proyouchannel #1minutebooster#mncrgknskl #amaljariyah #amal #jariyah #pahala #manfaat #duniaakhirat#mukmin #muslim #mulia