“Alah bakarih samporono,
Bingkisan Rajo Majopahik.
Tuah basabab bakarano,
Pandai batenggang di nan rumik.”
Pada Cap Mohor itu terukir gelar Sang Penguasa terakhir dalam aksara Jawi, “Sultan Tangkal Alam Bagagar ibnu Sultan Khalīfatullāh yang mempunyai tahta kerajaan dalam negeri Pagaruyung Dārul Qarār Johan Berdaulat Zillullāh fīl ‘Ālam.”
Dipercaya sebagai bagian dan pewaris sah Kerajaan Malayapura yang dipimpin Adityawarman, pahlawan Majapahit yang lalu menjadi penguasa Bhumi Malayu di Suvarnabhumi, kedatangan Islam di bawah arahan Mufti Agung Kesultanan Aceh, Syaikh ‘Abdurrauf As Sinkili Teungku Syiah Kuala mengubah warna kerajaan yang berpusat di Pagarruyung ini.
Dalam memerintah, Raja Alam di Pagarruyung didampingi oleh Raja Adat yang berkedudukan di Buo dan Raja Ibadat di Sumpur Kudus. Di bawah mereka, ada Basa Nan Ampek Balai, 4 Menteri Utama yang terdiri atas: Bandaro yang berkedudukan di Sungai Tarab, Makhudum di Sumanik, Indomo di Suruaso, dan Tuan Gadang di Batipuh.
Belakangan, Tuan Kadi yang berkedudukan di Padang Ganting masuk menjadi Basa nan Ampek Balai, menggeser kedudukan Tuan Gadang di Batipuh, dan bertugas menjaga syariah agama.
“Dek sakato mangkonyo ado,
Dek sakutu mangkonyo maju,
Dek ameh mangkonyo kameh,
Dek padi mangkonyo manjadi.”
Menurut William Marsden dalam The History of Sumatra (1784), pengaruh Pagarruyung sangat luas. Ada 62 hingga 75 kerajaan kecil di Nusantara yang menginduk pada Pagaruyung, tersebar di Filipina, Brunei, Thailand, dan Malaysia, serta di Sumatera, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat di Indonesia. Hubungan tersebut dibedakan berdasarkan tingkat kekerabatan, yakni sapiah balahan (garis keturunan perempuan), kuduang karatan (garis keturunan laki-laki), kapak radai, serta timbang pacahan yang merupakan keturunan kerajaan.
Putra-putri dari Minang yang menyejarah, negeri kembali memanggil bakti.
“Pawang biduak nan rang Tiku,
Pandai mandayuang manalungkuik.
Basilang kayu dalam tungku,
Disinan api mangko hiduik.”
Wardrobe: Saladin Series by Fullheart