SEDERHANA

Sederhana itu memperindah semua. Yang berkuasa mulia. Yang jelata bermartabat. Yang kaya dicinta. Yang miskin terhormat.

Sederhana itulah; bukan kemegahan gemerlap; yang lebih mudah mengundang doa-doa yang tulus dan rahasia.. Dan juga cinta.

Sederhana memang membuat kita rendah; di mata para pihak yang mengukur kemuliaan dengan dunia. Tapi ia kehinaan semu; tak ada ruginya.

Sederhana dalam makan, meringankan badan. Sederhana soal pakaian, meringankan perjalanan. Sederhana dalam papan, meringankan perjuangan.

Sederhana dalam fikir; memudahkan tindakan. Sederhana dalam tutur; memudahkan hubungan. Sederhana dalam tampil; memudahkan kepemimpinan.

Sederhana dalam takut menjauhkan maksiat. Sederhana dalam harap menguatkan taat. Sederhana dalam cinta melezatkan ibadat.

Sederhana di keluarga mengeratkan ikatan; sederhana dalam berteman mengurangi dengki; sederhana dalam bermasyarakat menegaskan hormat.
______________
Mencoba membawa prinsip kesederhanaan ke dalam gaya Surakarta yang biasanya gebyar dan gagah; Warangka #keris Ladrang Solo Cendana Iras, Pendhok Suasa Lus, Mendhak Jene Widhengan, Jejeran Kemuning Lamen. Selamat memulai tahun baru, tahun prihatin, dengan sederhana, Shalih(in+at) 😊