WAJAH Anak SEKOLAH

Setiap menatap kembali gambar kita bersekolah, ada lapis-lapis endapan kenangan yang tetiba bergumpal memenuhi benak.

Konon teman SMA adalah yang paling tak terlupakan sepanjang hidup. Sebab bersama merekalah kita berubah, dari bocah yang dipandang lugu menjadi pribadi yang merasa dewasa, meski hakikatnya masih jauh dari kematangan jiwa. Merekalah yang ada di dekat kita saat mulai digelayuti rasa suka, memendam cinta, mengelola gejolak, atau bahkan yang mengantar kita dalam hijrah. Kita mengenal mereka dari sosok dan hobi hingga ke rumahnya, keluarganya.

Kala itu pula, guru-guru sejati hadir memberi pelajaran yang amat padat dan rinci sepanjang 3 tahun yang terasa cepat sekali. Lebih darinya jua, memandang gambar ini, baris-baris renung pribadi memenuhi hati.

Tentang nikmat Allah. Betapa berlimpah ia memenuhi hidup, tak dapat dihitung, takkan bisa dihinggakan. Dan betapa amat banyak yang luput disyukuri, yang tersia tak bermakna, atau bahkan yang justru terguna dalam durhaka.

Tentang ‘amal-‘amal kita. Betapa sedikit bekal yang telah kita siapkan untuk hari kembali. Betapa kecil sumbangsih yang telah kita berikan pada kemaslahatan sesama. Dan tentu, alangkah banyak keburukan yang telah kita torehkan; pada Rabb semesta alam yang terus menerus begitu santun menutup aib diri, menabiri nista-nista dalam sepi. Juga hak sesama yang terambil, kehormatan yang terlanggar, dan berbagai goda yang terturutkan.

Sesekali menengoklah ke belakang. Di sana kita temukan syukur sekaligus sesal atas apa yang ada pada hari ini; untuk menghidup-hidupi rasa takut sekaligus harap pada Allah yang kita juangkan untuk menjadi yang tertinggi dalam cinta di hati.
__________

Foto purnasiswa 15 tahun lalu yang #mncrgknskl; menyambut #lustrumteladanxii (HUT ke-60) SMA Negeri 1 TELADAN Yogyakarta. #TeladanTumandang #Teladan Jayamahe!