SUDUT CINTA

“Apabila di dalam hatimu ada cinta”, begitu ditulis Ibn Qayyim Al Jauziyah dalam Raudhatul Muhibbin-nya, “Niscaya tampak pada lahiriahmu tanda-tandanya.”

Saya mengenal M. Fanni Rahman sejak lebih dari 17 tahun lalu, dalam perhimpunan antar remaja Masjid di Yogyakarta. Hampir pasti ada 4 warna menghias kaos berbagai-bagai yang selalu dikenakannya; putih, hitam, hijau, merah.

Empat warna ini memang bersejarah bagi daulah-daulah sebakda Khulafaur Rasyidin. Putih milik Bani ‘Umayyah. Hitam Daulah ‘Abbasiyah. Hijau dipakai baik oleh gerakan Ahlul Bait ‘Alawi maupun Ayyubiyah. Dan Merah jadi kekhasan Turki ‘Utsmaniyah.

Tapi Mas Fanni akan menyebut satu bangsa yang dulu Muftinya menyerukan dukungan tuk kemerdekaan Indonesia, yang saudagarnya menyerahkan harta tuk perjuangan kita lewat Haji Agus Salim; Palestina. Ya, itu warna benderanya. Sebagai Sarjana Ilmu Politik, dia tahu benar amanat konstitusi kita; penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Maka ketika pada 2003 dia mendirikan penerbit Pro-U Media & menggandeng saya yang bukan siapa-siapa jadi penulis pertama; wewarna itu tetap ada, pada logo, pada kantor, pada seragam, pada desain yang mapan madzhabnya.

Tapi ia hanya gejala, hanya tanda-tanda. Saya tebak sejatinya ia adalah cinta pada Islam dan muslimin di seluruh dunia beserta keinginan kuat untuk terus berkontribusi dalam perjuangan mereka.

Hari-hari ini, ketika dia tetap sibuk memberi arahan jaringan keluarga Indonesia-Palestina dan Suriah serta mengasuh Masjid, Pesantren, juga kerelawanan lokal dengan ruh yang sama; Pro-U terus membakar para karyawan & penulisnya untuk berada dalam irama jihad yang senada.

Tahun lalu, di sudut Stand Utama Pro-U Media dalam @islamicbookfair ini terpajang hal yang membuat kami malu; saya, Nda @felixsiauw, & para guru lainnya tergambar menyambung amanah cinta di Suriah dan Palestina. Tahun ini, selain gambar para penulis, kotak-kotak infak tuk Suriah dan Palestina tak lalai selalu ada.

Yuk ke stand @proumedia, Makkah no 61-64 dan Arafah no 150-153. Nantikan bedah buku #MNCRGKNSKL bersama kami, @zaky_zr dan Ust. @handy.bonny yang @mncrgkn.skl Ahad 22 April jam 10.00 di Panggung Utama.