SANCTUARY

Ungkapan hikmah adalah barang hilang milik orang beriman. Maka di manapun dia menemukannya, dia yang paling berhak atasnya.


(HR. At Tirmidzi dan Ibn Majah dari Abu Hurairah, sanadnya dha’if, tapi para ‘ulama menyatakan makna lafazhnya shahih)

الكلمة الحكمة ضالة المؤمن فحيث وجدها فهو أحق بها.

Anda penyimak kisah Saint Seiya karya Masami Kurumada juga?

Ketika beberapa Gold Saints yang telah gugur bangkit dari kematian dengan pinjaman kekuatan dari Hades, Sanctuary gempar. Sementara Deathmask dan Aphrodite berhasil dikirim kembali ke alam kematian oleh Mu, di bawah dukungan Shion yang tak tertandingi, trio Saga-Shura-Camus terus merangsek masuk menembus penjagaan Aiolia hingga tiba di Istana Virgo yang dijaga Shaka.

Menggabungkan kekuatan dalam sebuah Athena Exclamation, mereka bertiga berhasil mengalahkan Shaka dalam pertarungan penuh airmata. Sahabat lama harus saling menghancurkan, dan jauh nanti baru diketahui ternyata untuk alasan yang sama-sama mulia.

Adegan gugurnya Shaka dalam ‘Hades Chapter: Sanctuary’, mewariskan sebuah kutipan penuh makna. Berikut ini terjemah bebasnya:

“Bunga mekar dan layu, bintang berpijar dan padam; bumi, matahari, bimasakti, dan semesta ini, akan tiba masanya tuk mereka tiada lagi..

Hidup seorang manusia, jika dibandingkan pada itu semua, sungguh tak lebih dari sekedipan mata..

Dalam sekejap kefanaan itu, insan tumbuh dan jatuh, meraih dan ditagih, berlari dan terluka, menangis dan tertawa, membenci dan mencinta..

Lalu mereka takkan mampu mengelak dari kejaran waktu, tertangkap dan jatuh ke dalam tidur yang gelap dan pasti, bernama kematian..

Tapi kematian bukanlah sebuah kesimpulan. Ia hanya sebuah perpindahan. Pintu mungil untuk memasuki hidup di atas hidup..”
__________
noun
Sanctuary (/ˈsæŋktʃuəri/)


Makna aslinya “tempat suci”. Secara umum juga berarti “tempat kediaman”, “tempat berlindung”.
1. A consecrated place where sacred objects are kept.
2. A shelter from danger or hardship
3. A sacred place; a consecrated spot; a holy and inviolable site.


Sebuah sanctuary kecil di Imari, Pulau Kyushu; air mengalir, angin semilir, kentongan berketuk, dan keramik berdenting.