MENYAMBUNG Sultan AGUNG (Bag. 2)

Seringkali, cinta diselubung selaput pahit tuk mempertajam manisnya. Dan tiada pahlawan sempurna, agar kita tak melampaui batas memujanya.

Setelah memenuhi nubuat pembebasan Konstantinopel, Muhammad Al Fatih telah mengambil keputusan yang dampaknya sampai ke Nusantara; menutup Bazaar Rempah-rempah kota itu.

Ini karena Genoa dan Venesia yang jadi penyokong utama Kaisar terakhir Byzantium, Konstantin XI Palaelogos. Genoa mengirimkan Giovanni Gustiniani, sang ahli pertahanan sementara Angkatan Laut Venesia sebelum pembangunan Rumeli Hisari dan Anadolu Hisari jadi kesulitan terbesar Al Fatih.

Genoa dan Venesia adalah pembeli utama rempah dari dunia timur di Konstantinopel yang menjadikan mereka transito akbar ke Eropa Barat. Jatuhnya Konstantinopel dan penutupan Bazaar telah mematikan perniagaan 2 kota itu. Hargapun melambung. Di kota-kota utama Benua Biru, 1 gram lada atau cengkeh ditukar 2 gram emas.

Kesulitan memperoleh rempah berakibat lanjutan. Penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa Barat tuk mencari negeri asal rempah dimulai. Nama-nama Bartholemeus Diaz, Vasco Da Gama, Alfonso D’Albuquerque, Christopher Columbus, hingga Ferdinand Magelhaens dan Juan Sebastian De’l Cano menghiasi sejarah karena kepeloporan Spanyol dan Portugis. Lisabon menjadi pasar dunia, disusul kemudian Amsterdam.

Dan dimulailah mimpi buruk Nusantara.

Daulah ‘Utsmaniyah, meski secara tidak langsung, tanpa sengaja, dan bukan faktor tunggal; memberi kita para penjelajah Barat yang kerakusannya melampaui tujuan awal mereka menemukan negeri rempah.

Syukurlah, seabad sebelum para penjahat itu mencapai Nusantara, Islam tertancap massif oleh dakwah para ‘ulama yang sebagiannya terkait pula peran ‘Utsmani. Andai bukan karena itu, nasib Indian dan Aborigin mungkin menimpa kita. Karena Islam, 350 tahun kita berjihad melawan penjajah.

Maka setelah adil memandang, saatnya menguatkan hubungan Nusantara-Turki di berbagai bidang. Status Turki ialah mantan pemimpin peradaban Islam; jika ia bertugas jadi mentor, tak bersemangatkah kita untuk menjadi calon?

(Bersambung)
________
Keris Hadiah tuk @rterdogan. Nantikan lanjutan ceritanya.😊